Jumat, Juni 13, 2014

Screen Capture Di Android

Screen capture adalah trik bagi android user jika ingin mengambil gambar pada layar handphone tanpa kamera tambahan atau manual. Hasil dari screen capture sendiri akan mirip dengan bentuk gambar pada layar handphone yang kita gunakan, tetapi dalam bentuk gambar atau image (biasanya berformat .jpeg).

Beberapa jenis dan merk handphone yang beredar di pasaran mempunyai cara tersendiri untuk melakukan screen capture. Cara yang umum adalah menggunakan aplikasi yang harus kita download terlebih dahulu. Tapi ada cara lain, yang memanfaatkan tombol-tombol yang sudah tersedia di hp.

Saya mau berbagi cara screen capture dari hp yang sudah saya gunakan. Mungkin ada readers yang mempunyai jenis dan merk yang berbeda sama saya, bisa di-share di sini.

1. Samsung. Di Samsung sendiri (khususnya yang saya gunakan, Galaxy Y Duos dan Galaxy S4) mempunya beberapa tombol fisik yaitu tombol power, volume (up/down) dan home. Nah untuk melakukan screen capture dari hp Samsung, user tinggal menekan tiga tombol tersebut, yaitu power-volume down-home secara bersamaan. Maka akan terdengar suara yang menandakan bahwa gambar di screen kita sudah ter-capture.

2. Lenovo. Saya baru saja menggunakan hp jenis ini (Lenovo A316i). Tapi yang membingungkan, tidak ada tombol fisik home. Untuk melakukan screen capture, Lenovo user juga melakukan cara yang sama dengan Samsung, yaitu dengan menekan power-volume down secara bersamaan. Lalu akan terdengar suara.

Itu saja yang dapat saya shre di post kali ini. Jika ada readers yang punya tips lain atau dengan tipe, jenis dan merk lain, boleh di-share/comment di post ini. Thank's for visit! ;)

0 comments:

Posting Komentar

For all Bloggers from BaBel, join this...

 
;