Sabtu, Mei 12, 2012

Tips Memelihara Iguana

Buongiorno a tutti... artinya selamat pagi semua (dalam Italiano). Ah, sedikit pamer Italiano ya saya, maklum lagi belajar dasar-dasar Italiano juga sih, hehe. But anyway, kita ga' bahas Italiano di post ini. *lirik judul, Iguana? hmmm... ada yang belom tau ini apa? yang belom tau ini apa mungkin mikir, makanan apa ini? Makanan???

Iguana ini kalo saya deskripsikan adalah sejenis reptil herbivora asal Amerika Selatan, jenisnya lumayan banyak, ada Blue Diamond, seperti punya saya (dibilangnya sih gitu sama yang jual). Ada Green Iguana, Red Iguana, dan yang paling sangar itu Rhinolopa Iguana. Bentuknya kalo saya bilang eksotis, makanya saya suka. Spike (sisik yang menyerupai duri di bagian atas kepala sampai ekor), tingkah polah, sama satu lagi ekspresi kalo dia tidur, itu faktor lain yang membuat saya lebih tertarik pada reptil jenis ini.

Smeraldo. Nov, 2011
Oke, saya kenalin iguana kepunyaan saya. Jenisnya sudah disebutkan ya, umurnya 1tahunan, sex male dengan panjang kurang lebih 60cm. Saya beri nama Smeraldo, lagi-lagi ini Italiano yang artinya si hijau atau batu emerald, #jenius #eh. Smeraldo saya pelihara dari bulan November 2011, kurang tahu spesifik umurnya berapa waktu saya beli. Waktu itu panjangnya dari kepala sampai ujung ekor sekitar 30cm. Spike nya masih sangat pendek. Kebetulan ayah saya punya akuarium bekas yang bocor, jadi saya pakai saja untuk kamarnya, ditambah potongan kayu untuk dia bertengger.


Sekarang panjangnya sudah 60cm. berarti saya lumayan berhasil memelihara reptil sejenis iguana ya. Kalo ada yang mau mulai memelihara iguana, saya beri tips nya, sesuai dengan apa yang saya lakukan.

1. Sunbathing dan handle
Usahakan setiap pagi iguana dijemur, pastinya di bawah sinar matahari ya. Sinar matahari dari jam 7 - jam 10 sangat baik untuk jemuran, ga' usah lama-lama, paling sekitar 15-20 menit, kalo cuaca kurang panas sampai 30 menit juga ga' apa-apa. Panas pagi di sini salah satu fungsinya untuk memperlancar pencernaan si iguana. Disamping itu panas pagi juga bisa sebagai asupan vitamin mereka. Vitamin kimiawi untuk iguana banyak dijual, tapi kalo ada yang alami, that's better. Secara umum mereka sangat suka dengan sinar matahari. Smeraldo ga' pernah cerita ke saya kenapa spesies mereka ini sangat suka dengan sinar matahari #eh. Handle di sini fungsinya untuk membiasakan iguana dengan sentuhan manusia, bisa dibelai-belai, sering dibawa jalan atau cukup letakkan saja di bahu. Ini akan membuat iguana jadi jinak jika bertemu dengan manusia.

2. Makanan
Umumnya iguana memakan sayur-sayuran atau tumbuh-tumbuhan. Di alam liar pastinya iguana makan segala macam tumbuh-tumbuhan, tapi kalo peliharaan usahakan memberi dia makanan sayur-sayuran hijau yang kaya vitamin. Saya sering memberi Smeraldo makan sawi, kangkung, buncis, wortel. Selain itu, mereka juga suka buah-buahan, seperti pepaya, apel, anggur (ini kalo kalian nyimpen apelatau anggur ya, jangan sengaja beli hanya untuk makanan iguana) atau buah-buahan umum lainnya. Kurang bagus kalo memberi mentimun karena kandungan getah di dalam mentimun tersebut (saya ga' bilang ga' boleh ya, hanya kurang bagus). Iguana tidak butuh minum, mereka memperoleh air dari kandungan air di makanan yang mereka makan.

3. Kandang
Akuarium awal yang saya gunakan berukuran 25x70cm. Cukuplah untuk iguana yang masih baby. Jangan lupa dibuat penutup di atasnya, atau bisa gunakan kardus bekas tapi dilobangi kecil-kecil. Ini untuk menghindari si iguana keluar kandang dan berkeliaran kemana-mana. Beri juga alas koran di dasar kandang, kalo yang masih mengguankan akuarium. Smeraldo yang sekarang sudah saya bebaskan, artinya dia tidak memerlukan kandang lagi. Sehari-hari dia berkeliaran di lantai 2 rumah saya, dan sampai sekarang ga' pernah keluar kemana-mana.

4. Perhatikan pencernaan iguana
Oh ya, untuk buang air besar, iguana bisanya memerlukan tempat yang lembab. Kalo masih dikandangi, teteskan air di sekitar koran yang jadi alas kandangnya, jangan sampai basah semua, cukup bagian-bagian tertentu saja yang basah. Setelah mereka buang air, langsung ganti alas tersebut dengan yang baru supaya lebih bersih. Iguana bisa buang air di dalam kamar mandi layaknya kucing, anjing, dll, tentunya harus dilatih dulu sebelumnya. Yang saya lakukan adalah setelah dijemur, angkat iguana lalu kurung di kamar mandi sekitar 10-15 menit. Smeraldo sekarang buang airnya di kamar mandi. Di pagi hari dia akan menuju ke kamar mandi kalo dia merasa cukup untuk jemuran. Idealnya iguana buang air 1-3x sehari, tapi saya cukup 1xsehari saja, pagi hari.

5. Perhatikan ukuran iguana
Kalo punya waktu usahakan melakukan pengukuran, ga' penting juga sih, tapi ini saya lakukan untuk melihat perkembangan dan pertumbuhan dari iguana itu sendiri. Iguana yang pertumbuhannya bagus bisa dilihat dari shading atau ganti kulit yang mereka lakukan. Jika dalam masa ganti kulit, kita bisa bantu mengelupas kulitnya perlahan-lahan, jangan dipaksa, karena mungkin ada sel-sel kulit mereka yang masih menyatu dengan kulit lama.

Itu saja mungkin tips dari saya seputar pemeliharaan iguana untuk pemula, semoga berguna. Saya juga pemula, jika ada kekurangan saya mohon maaf, jika ada pertanyaan, sebisanya saya jawab. Grazie mille... :)

Preview

Smeraldo, pada awal saya pelihara. Nov, 2011
Smeraldo sekarang. Mei, 2012

2 comments:

Rahmat mengatakan...

warna ijonya bagus banget, kinclong dan mengkilap,
eh, Sob, mau tanya, kalo digigit iguana, apakah ada resikonya, ataukah aman?
terimakasih ya jawabannya

Aal mengatakan...

Setau saya tidak ada resiko yang besar atau dampaknya tidak terlalu parah, paling cuma luka gigitan kecil, karena gigi iguana kecil dan tersusun rapi. Kesimpulannya? Aman sob.

Thanks commentnya.

Posting Komentar

For all Bloggers from BaBel, join this...

 
;