Minggu, April 22, 2012

Honda Brio, Small Hatcback Terbaru Keluaran Honda

Kemarin waktu service mobil di dealer Honda Mobil di Pangkalpinang, sempat ngobrol dengan staff di sana. Topik kita seputaran keluaran terbaru Honda Mobil. Yes, Honda Brio, begitu mobil bertipe small hatcback ini dinamai. Bentuk yang mungil tapi tetap berkesan elegan. Bagaimana spesifikasinya?

Mobil ini diharapkan akan menjadi penyempurna Honda Jazz yang terlebih dahulu merajai pasar mobil Indonesia. Tidak itu saja, mobil ini juga digadang-gadang akan menjadi mobil termurah yang dikeluarkan Honda Mobil. Ngomongin harga, nanti dulu kayaknya ya, kita ke detail mobil itu sendiri dulu. Mobil ini mempunyai dimensi 3.610 x 1.680 x 1.485 mm. Cukup mungil, dan tentu saja akan anggun dalam bermanuver ria di jalanan. Bagaimana dengan mesin? Brio mempunyai kapasitas mesin 1.200 cc i-VTEC, 4 silinder. Eh, liat kapasitas mesin, kayaknya ga' bakalan kena Peraturan Pemerintah tentang pembatasan penggunaan BBM Premium ya, hihihihi. Tingkat konsumsi bahan bakar Brio pun diklaim terendah, 1:20 atau bisa juga 5 liter untuk 100 km. Tenaga yang dihasilkan adalah 90 hp pada putaran mesin setinggi 6.000 rpm.

Untuk Transmisi, Brio menggunakan sistem continuously variable transmission (CVT) dan teknologi Honda G-Force Control (GCON), dual airbags dan Anti-lock Brake System (ABS) untuk pengereman. Brio tersedia dalam berbagai tipe yaitu tipe S dan V dimana masing-masing tersedia dalam transmisi manual 5 kecepatan. Sedangkan khusus untuk tipe V disediakan khusus transmisi CVT otomatis.

Baru kita ke harga. Sejak pertama kali diluncurkan di India, Brio dibandrol 395.000 rupee atau 71,2 juta rupiah. Cukup murah jika dibandingkan dengan saingannya dari Nissan yaitu March dengan harga 72,6 juta rupiah. Itu di India, di Thailand harga mobil ini berada di seputaran 115 jutaan. Bagaimana dengan Indonesia? melihat pasar Indonesia yang hampir sama dengan Thailand, harga mobil ini mungkin akan berada di antara 130-150 jutaan.

Brio sendiri akan masuk ke pasar Bangka diperkirakan bulan Juni akhir atau Juli awal. Kita tunggu aja kehadiran si mungil ini di jalanan Kota Pangkalpinang.

Preview

Honda Brio

Interior Honda Brio

Referensi

0 comments:

Posting Komentar

For all Bloggers from BaBel, join this...

 
;