Rabu, November 17, 2010

Idul Adha Sebagai Moment Berserah Diri

Rabu (17 November 2010), seluruh umat islam di Indonesia dan di dunia umumnya melaksanakan Hari Raya Idul Adha 1431H. Walaupun tak semeriah Idul Fitri, Idul Adha tetap dijalankan umat islam dengan penuh suka cita. Moment hari raya memang ditafsirkan sebagai moment saling memaafkan atas kehilafan dan kesalahan yang telah diperbuat. Tak salah memang, tapi untuk Idul Adha, pesan yang diberikan adalah bagaimana kita lebih berserah diri, berkorban untuk orang lain dan Allah SWT tentunya.

Sejarah mengatakan bahwa Hari Raya Idul Adha berasal dari kisah Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail. Ibrahim yang mendapat pesan dari Allah dalam mimpinya untuk menyembelih Ismail. Namun melihat pengorbanan Ibrahim ditambah tak menolaknya Ismail untuk disembelih karena pesan dari Allah SWT, maka Allah SWT mengganti Ismail dengan hewan qurban besar. Peristiwa tersebut tertuang dalam Al Qur'an dan masih dijalankan oleh seluruh umat muslim di dunia sampai saat ini. Dari peristiwa tersebut, terlihat bahwa moment Idul Adha adalah moment dimana kita lebih berserah diri kepada Allah SWT. Mengorbankan sebagian harta yang kita punya dalam bentuk hewan qurban (sapi, kambing atau domba).

Peristiwa lain yang menjadi ciri khas dari Idul Adha adalah berkumpulnya seluruh umat islam yang di tanah Mekkah sebagai bagian dari ibadah yang dikenal dengan Peristiwa Haji. Ibadah yang ditujukan oleh kaum muslim yang mampu ini setidaknya adalah ibadah dimana setiap umat muslim mengingat kembali apa yang telah diperbuat dan memohon ampun atas apa yang tidak semestinya diperbuat.

Akhirnya, marilah kita sama introspeksi diri atas semua yang kita lakukan di bumi ini, atas apa yang yang kita jalankan, baik atau buruk kah semua yang telah perbuat dan tak lupa kita selalu memohon ampun atas semua yang ada di muka bumi ini, tentunya kepada Allah SWT. SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1431H kepada seluruh umat muslim di dunia!!! :)

0 comments:

Posting Komentar

For all Bloggers from BaBel, join this...

 
;