Senin, Mei 19, 2014

Italia dan Tim Kejutan di Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 akan segera dilaksanakan dalam kurun waktu tidak sampai satu bulan lagi. Brazil menjadi tuan rumah untuk piala dunia ke-20 tahun ini. Seperti biasa 30 tim yang berhasil lolos kualifikasi di tiap regional ditambah tuan rumah dan juara bertahan akan bertanding demi mencapai satu tujuan, gelar Juara Dunia. Beberapa tim kembali diunggulkan pada piala dunia kali ini. Hal ini tentu saja bisa dilihat dari berbagai aspek. Materi pemain, reputasi, taktik dan strategi, dan mungkin faktor pelatih adalah aspek-aspek yang sebagian kalangan gunakan untuk menilai tim mana yang menjadi unggulan. Banyak yang menilai Brazil akan menjadi juara untuk tahun ini, melihat mereka bermain di depan publik mereka sendiri, materi pemain mereka yang dinilai kelas dunia, dan reputasi sebagai juara lima kali piala dunia.

Saya kali ini akan mengulas prediksi saya untuk piala dunia tahun ini. Tidak ada Brazil sebagai tim unggulan menurut versi saya. Saya akan coba mengulas tim mana yang saya ungguli, sampai tim mana yang nantinya akan memberi kejutan di piala dunia kali ini.

Sejak tahun 2000, tepatnya saat Euro 2000 di Belanda-Belgia, saya sudah menjagokan Tim Biru Langit, Azzurri, Italia. Sampai saat ini, kesebelasan Azzurri selalu menjadi tim favorit saya jika bertanding. Puncaknya mungkin pada Piala Dunia 2006 di Jerman, saat mereka mengangkat tinggi-tinggi trofi piala dunia mereka yang ke-4. Kala itu, pemain favorit saya, Francesco Totti, menjadi salah satu punggawa Italia, yang mana akhirnya dia memutuskan pensiun dari sepakbola internasional setelah perhelatan digelar. Selain Totti, nama-nama terkenal seperti Fabio Cannavaro, Alessandro Del Piero, Alessandro Nesta, Filippo Inzaghi dan masih banyak lagi. Sayang, di piala dunia 2010, mereka gagal lolos babak kualifikasi.

Di Piala Dunia 2014 ini, Italia akan berusaha untuk memperbaiki kesalahan di Piala Dunia 2010. Berstatus sebagai juara grup B Zona Eropa, tim asuhan Cesare Prandelli akan berjuang mati-matian menuju hasil terbaik. Kunci pertama adalah pilihan pemain yang nanti akan dibawa Prandelli ke Brazil. Saat ini, lini depan Italia menjadi sorotan publik karena banyak sekali pilihan yang memusingkan Prandelli. Mario Balotelli di beberapa pertandingan terakhir bermain kurang baik di AC Milan terancam tidak dibawa, padahal dia menjadi langganan di tim inti saat kualifikasi. Justru Antonio Cassano yang akan menjadi pilihan utama sang pelatih, itupun jika bermain dengan skema false nine. Banyak juga pihak yang mengatakan Ciro Immobile akan dibawa Prandelli ke Brazil tahun ini. Ini dikarenakan Immobile bermain sangat gemilang bagi Torino musim ini. Di lini belakang, Giorgio Chiellini tampaknya kan menjadi pilhan utam Prandelli, tinggal siapa nanti yang akan menjadi tandemnya menjaga daerah pertahanan Italia. Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli dahkan Gabriel Paletta menjadi nama-nama yang menjadi kandidat sebagai tandem Chiellini. Di lini tengah, prediksi saya adalah Andrea Pirlo, Danielle De Rossi dan Riccardo Montolivo, 3 centrocampista ini adalah nama-nama yang menjadi langganan Prandelli selama kualifikasi. Peran vital yang dihadapi ketiganya menjadi kunci utama permainan Italia. Pirlo sebagai deep lying playmaker. Peran ini sudah dia tunjukkan di beberapa pertandingan Italia terkahir. De Rossi bisa bertindak sebagai ball winner bahkan regista, dan Montolivo sebagai advanced playmaker, yang menjadi aliran bola menuju attacante Italia di depan. Nama lain yang menghiasi lini tengah Italia adalah Antonio Candreva, Si Anak Ajaib, Marco Verratti, Thiago Motta dan nama baru yang juga berdarah Brazil, Romulo. Untuk portiere, Gianluigi Buffon tetap menjadi pilihan utama Prandelli. Salvatore Sirigu dan Mattia Perin menjadi deputi. Untuk urusan formasi atau skema, beberapa sumber menyebutkan, Italia akan menggunakan 3 skema, yang mana skema 4-3-1-2 menjadi skema andalan. dua skema lain yaitu 3-5-2 dan 4-3-3.

Beralih ke tim pembawa kejutan atau si kuda hitam. Ada dua negara yang akan mengisi kategori ini. Yang pertama adalah Belgia. Melihat nama-nama yang dibawa ke Brazil, Belgia layak diperhitungkan. Sebagian besar dari mereka menempa ilmu di Premier League, Inggris. Sebut saja Vincent Kompany yang membawa Man. City menjadi juara musim ini, ada lagi  pilihan antara Simon Mignolet dan Thibault Curtois di bawah mistar. Nama lain yaitu Marouane Fellaini, Eden Hazard, Romelu Lukaku dan bintang Napoli, Dries Mertens. Tim kedua yang menjadi pilhan saya adalah Bosnia. Mengapa? Mereka baru tahun ini menembus piala dunia, ini menjadi motivasi terbesar mereka. Pemain-pemain yang berlaga untuk Bosnia juga menjadi bntang di tim masing-masing. Ada Adin Dzeko, Miralem Pjanic, Emir Spahic, Senad Lulic dan Vedad Ibisevic.

Itu tadi tim menjadi unggulan dan tim mana yang akan memberi kejutan di Piala Dunia 2014 di Brazil nanti versi saya. Bagaimana dengan tim anda???

0 comments:

Posting Komentar

For all Bloggers from BaBel, join this...

 
;