Selasa, April 15, 2014

Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2014 Prov. Kep. Bangka Belitung

Press Release saya tentang Seleksi PPAN 2014 Bangka Belitung. Terbit Di Rakyat Pos, 14 April 2014.



Pangkalpinang – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kep. Bangka Belitung bekerja sama dengan Purna Cara Muda Indonesia Prov. Kep. Bangka Belitung (PCMI Bangka Belitung) kembali mengadakan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2014. Kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun ini merupakan langkah awal bagi pemuda-pemudi Bangka Belitung untuk mewakili Provinsi Babel pada Program Pertukaran Pemuda Antar Negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Kegiatan berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 2 sampai tanggal 5 April 2014 dan bertempat di Hotel Bangka City, Pangkalpinang serta diikuti oleh 32 putra-putri Bangka Belitung yang lolos seleksi tahap 1 dan 2 oleh alumni masing-masing program.
Progam Pertukaran Pemuda Antar Negara sudah lama diselenggarakan oleh Kemenpora RI. Program ini merupakan program pembelajaran bagi para peserta terpilih sekaligus juga akan berindak sebagai duta bangsa dalam mengenalkan kebudayaan Indonesia di tanah mancanegara. Peserta nantinya akan dibekali berbagai macam persiapan sebelum berangkat ke negara tujuan, termasuk seni-seni dari daerah masing-masing. Di Negara tujuan nanti mereka akan turun langsung ke komunitas atau masyarakat dan tinggal bersama keluarga angkat (host family). Mereka juga akan mendapatkan berbagai sarana pembelajaran selama mengikuti program seperti magang di workplacement, mengunjungi tempat-tempat bersejarah di komunitas dan juga kegiatan grup. Peserta akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa selama mengikuti program. Setelah program, peserta akan dibekali Post Program Activity (PPA), yaitu kegiatan dimana peserta akan mengaplikasikan langsung apa yang mereka dapat selama program ke masyarakat daerah masing-masing.
Negara-negara yang menjadi tujuan dari program ini antara lain Kanada, Australia, Malaysia, Korea Selatan, China dan Negara-negara ASEAN-Jepang. Bangka Belitung sendiri baru berpartisipasi pada program ini pada tahun 2007. Saat itu Babel diwakili oleh Merlyanda Puspa Indah, mengikuti Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada (PPIK). Tahun 2008, Babel kembali mengirim perwakilannya untuk Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA) yang diwakili oleh Raden Ahmad Gazali. Tahun 2009, melalui seleksi terbuka oleh Dispora Prov. Babel, menghasilkan Fardha Syahrial sebagai delegasi PPIK dan Rizka Yulia sebagai perwakilan untuk Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM). Tahun 2010, Yorsi Nuzulia berhak mendapat satu tempat di tingkat nasional untuk PPIK bersama Shannaz Dilla Destria untuk Kapal Pemuda ASEAN (KPA) sebagai perwakilan Bangka Belitung. Tahun 2011, Syafri Hariansah mewakili Babel untuk PPIM, Syarifah Amelia S. untuk PPIK, Edwinnata Bustami untuk KPA dan Dio Andespa untuk program baru, Indonesia-Korea Selatan (PPIKs). Di tahun 2012, Yuyun Wahyuningtyas berhak mewakili Babel untuk PPIM, Michelle Anggia untuk PPIA dan Vegy Januarika untuk PPIK. Terakhir, untuk tahun 2013, Babel mendapat satu program baru lagi yaitu Indonesia-China (PPIC) diwakili oleh Mira Karina dan Muhammad Fadhillah, Rosalin Ma’ruf sebagai Perwakilan KPA, Edwin Dwijaya untuk PPIM dan Bella Baroqah untuk PPIKs. Di tahun ini, Babel mendapat kuota PPIK dan PPIM untuk putri serta PPIA, PPIKs dan KPA untuk putra.
Semua alumni dari seluruh program ini akan langsung bergabung dengan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) yang tersebar di seluruh provinsi peserta PPAN. PCMI adalah wadah bagi seluruh alumni program untuk tetap saling berkomunikasi setelah program selesai. Selain memperkenalkan PPAN kepada seluruh pemuda-pemudi Bangka Belitung melalui roadshow, blog dan juga media sosial, PCMI juga akan turut ambil bagian untuk PPA peserta PPAN sebagai pembimbing.
PCMI Babel sendiri mulai tahun ini akan berkomitmen untuk menempatkan alumni di seluruh Kabupaten/Kota sebagai wakil dan juga alat penghubung PCMI dengan Dispora di setiap Kabupaten/Kota. Tujuannya adalah agar kedepan akan lebih mudah bekerjasama dalam berbagai aspek, termasuk sosialisasi PPAN ini sendiri. Bagi pemuda-pemudi Bangka Belitung yang ingin tahu lebih banyak tentang PCMI Babel silahkan mengunjungi blog PCMI Babel di www.pcmibabel.blogspot.com atau bergabung dengan grup terbuka PCMI Babel di Facebook, PCMI Kepulauan Bangka Belitung. 

0 comments:

Posting Komentar

For all Bloggers from BaBel, join this...

 
;